Saturday, March 8, 2008

Da’i Tukang Bubur


Semua orang yang tinggal di Bandung pasti kenal dengan Mang Oyo. Mulai dari gerai yang terletak di dekat PGI hingga di Sulanjana dan Surapati, Mang Oyo selalu identik dengan bubur paling top di kota Bandung. Pengusaha bubur ini belakangan sering terlihat melayani sendiri pelanggannya di Jalan Surapati.

Jika sekarang anda mampir ke gerai Mang Oyo di Suci, maka bukan hanya Mang Oyo saja yang akan ditemui. Di meja makan dan gerobak stiker Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf akan menyambut anda. Jangan dikira ini adalah ulah tim sukses yang iseng menempel stiker, karena mang Oyo sendiri lah yang bersemangat memberikan dukungannya.

Mang Oyo memang sudah mengenal Ustadz Ahmad Heryawan sebelum beliau menjadi calon gubernur karena ternyata Mang Oyo juga seorang da’i yang aktif di PUI. Beliau bahkan memiliki daerah-daerah di pedalaman Jawa Barat yang dibinanya sendiri. Tak heran jika kemudian Mang Oyo terlihat bersemangat begitu Ustadz maju dalam pencalonan gubernur Jawa Barat.

Pernah suatu ketika saya diminta untuk turut serta mengantarkan amunisi kampanye yang diminta oleh Mang Oyo. Mang Oyo mengatakan bahwa amunisi berupa baligo, beberapa umbul-umbul dan pamflet tersebut akan dia kirim ke kampungnya untuk bisa dipasang di sana. Kami pun kemudian ngobrol sambil menyantap buburnya yang terkenal mak nyus itu.

”Insya4JJ1 Haji Ahmad akan menang, 4JJ1 paling tau isi hati manusia.” Itulah kata-kata yang paling saya ingat dari Mang Oyo. Kalimat yang lain tidak begitu saya ingat karena kebanyakan dalam Basa Sunda. Sebelum pulang, tak lupa Mang Oyo mengajak kami berdo’a bersama untuk kemengangan Hade. Kali ini do’anya dalam bahasa Arab.
Mang Oyo pun menepati janjinya. Ketika rombongan H. Ahmad Heryawan memasuki daerah pedalaman tempat kampung Mang Oyo, baligo dan umbul-umbul HADE sudah siap menyambutnya. Subhanallah.

No comments: